ChatGPT Vs Gemini: Mana yang Saya Suka Sebagai Pengguna

Sebagai seorang pengguna, saya tahu perjuangan menggali segudang informasi.

Saya selalu mencari alat untuk membantu saya melakukan pekerjaan saya dengan lebih baik. Akhir-akhir ini, desas-desus seputar model bahasa AI seperti Gemini & ChatGPT sangat besar.

Tapi bisakah AI ini benar-benar meningkatkan permainan penelitian saya? Itulah yang ingin saya ketahui.

Saya tidak akan membahas masalah teknis tentang cara kerja model ini – jika Anda penasaran, ada banyak hal di luar sana. Sebaliknya, saya akan fokus pada apa yang bisa mereka lakukan untuk pengguna awam seperti saya.

Saya memberikan beberapa tugas penelitian teknis kepada Gemini dan ChatGPT untuk melihat bagaimana mereka menanganinya. Berikut uraiannya!

Eksplorasi Topik
“Jelaskan konsep cryptocurrency dan cara kerja teknologi blockchain. Gunakan bahasa sederhana yang dapat dimengerti oleh pemula.”

Screenshot Google Gemini
Screenshot ChatGPT

Dalam tes ini, saya akan memilih Gemini. Pasalnya, ia menjelaskan konsep tersebut dengan sangat mendalam. Itu tidak menggunakan kosakata tingkat lanjut dan dipecah menjadi poin-poin untuk membantu saya memahaminya dengan lebih baik.

Di sisi lain, ChatGPT melakukan hal sebaliknya.

Konteks Sejarah
“Apa penyebab utama Perang Dunia I? Berikan gambaran singkatnya.”

Screenshot Google Gemini
Screenshot ChatGPT

Keterbacaannya yang jauh lebih baik adalah Gemini. Dari segi output, tidak ada perbedaan besar di antara keduanya. Dan Google Gemini memiliki fitur auto-revisi untuk hasil jawabannya.

Pengecekan Fakta
“Klaimnya adalah makan wortel secara signifikan meningkatkan penglihatan. Apakah ini benar, dan apa yang dikatakan penelitian ilmiah?”

Screenshot Google Gemini
Screenshot ChatGPT

Definisi dan Contoh
“Definisikan istilah ‘teori konspirasi’ dan berikan contoh nyatanya.”

Screenshot Google Gemini
Screenshot ChatGPT

Laporan Perbandingan
Keduanya memberi saya hasil yang hampir sama tetapi ada beberapa hal lain yang ingin saya diskusikan:

Kecepatan: Gemini lebih cepat dari ChatGPT.
Keterbacaan: Sayangnya, ChatGPT gagal dalam hal ini. Gemini benar-benar berfungsi dengan baik dalam hal keterbacaan, memecah paragraf menjadi beberapa baris dan poin-poin beserta judulnya.
Harga: Harganya hampir sama untuk kedua Model AI. Namun ChatGPT memiliki batasan terbatas yaitu 50 pesan dalam 3 jam. Sungguh menyakitkan ketika Anda membayar dan itu membatasi Anda. Hal ini tidak terjadi pada Gemini.
Plugin: ChatGPT memiliki toko plugin dengan berbagai alat yang berguna untuk menyederhanakan pekerjaan. Di sisi lain, Gemini hanya memiliki akses ke beberapa aplikasi Google.
Pengetahuan: ChatGPT dikembangkan oleh OpenAI, mereka harus melatih modelnya berdasarkan pengetahuan yang ada di dunia saat ini. Tapi Gemini dikembangkan oleh Google dan mereka memiliki semua pengetahuan di database mereka. Gemini akan memimpin.
Penjelajahan Internet: ChatGPT menggunakan Bing untuk menjelajah internet dan terkadang macet. Sementara Gemini menggunakan Google dan dengan lancar memberi Anda informasi yang Anda cari.

Fitur Favorit Saya
Gemini memberi Anda 3 hasil berdasarkan permintaan Anda. Ketiganya berbeda dan Anda bisa memilih sendiri. Yang bermanfaat dan menghemat waktu.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *